Rabu, 12 Februari 2014

sekilas tentan RUBATA



Berawal dari keprihatinan melihat anak – anak kecil dilingkungan sekitar kami yang nyaris tidak pernah membaca buku di luar buku sekolah. Rata-rata orang tua mereka bertani dan hidup serba kekurangan serta kurangnya perhatian orang tua dalam hal pendidikan. Mereka memilih bermain game dan permainan lain yang kurang mendidik bagi anak,bahkan kegiatan ini bisa sampai menghabiskan waktu setiap harinya. Dari kasus ini, maka kami berinisiatif untuk mengumpulkan buku bacaan anak – anak dan remaja yang kemudian kami sajikan secara sederhana dan kreatif.
Untuk itu kami membuat Rubata (Rumah Baca Kita) yang bersifat gratis bagi kita semua. Disini semua anak bisa membaca, menulis dan berkarya. Selain itu kita menyelingi dengan kegiatan Belajar pelajaran sekolah serta aktivitas yang kreatif dan inspiratif.
      Rubata merupakan tempat di mana mereka yang datang merasakan kenyamanan untuk membaca buku, majalah dan sebagainya sehingga wawasan mereka akan lebih berkembang. Sekaligus diadakan kegiatan agar anak – anak memiliki kesempatan menuangkan ekspresi dan kreasi dalam bentuk kegiatan pendidikan non formal namun tetap bebas dan ceria. Tempat ini diharapkan akan memberikan kesempatan bagi anak-anak di kalangan umum, khususnya mereka yang tidak mampu secara finansial.

RuBaTa (Rumah Baca Kita) ini didirikan bermula dari kecintaannya kami pada buku & kegiatan membaca, bahkan setiap bulan harus ada alokasi untuk refreshing berupa pembelian buku baru. Di sela-sela aktifitas kami sekeluarga pada Nopember 2011 kami sekeluarga berbagi ilmu  kepada anak-anak dilingkungan tempat tinggal kami dengan mengadakan pembimbingan belajar bahasa inggris. Seiiring berjalan waktu dengan adanya tambahan aktivitas maka kegiatan tersebut berhenti.
Atas kesepakatan kami sekeluarga dalam melihat perkembangan anak di sekitar rumah dan studi banding ke Rumah Baca di Jombang, maka pada bulan Januari 2014 kami bertekad dan meresmikan pendirian RuBaTa di sebuah ruang tidak terpakai di halaman depan rumah kami. Tempat berukuran 4x8 meter ini selanjutnya dijadikan sebagai basecamp RuBaTa.
RuBaTa, selain tempat untuk membaca secara gratis tetapi juga menghadirkan konsep agar anak bisa berinteraksi satu dengan yang lain dalam lingkungan yang kreatif, inspiratif dan mengedapankan kejujuran sehingga anak-anak yang tergabung disini merasa nyaman dan gemar membaca sebagai alat untuk mengenal dan menjelajah dunia. Disini kami pengurus juga mengisi kegiatan mereka dengan kegiatan rutin untuk pendampingan belajar dan pelatihan kreatif serta kepemimpinan sehingga mereka bisa lebih mengekspresikan apa yang menjadi cita-citanya.
Rubata berlokasi di RT.3 RW. 2 Dusun Ngrandu Desa Cangkringrandu kecamatan Perak Kabupaten Jombang dengan kode pos 61461. Nomor telepon pengelola 085-635-634-53 email : www.ebakhtiar82@gmail.com // Facebook: rubata jombang. blog : www.rubata-jombang.blogspot.com.
Dengan Kondisi bangunan permanen, milik pribadi, terdiri atas ruang perpustakaan dan baca seluas 32 M2. Didalam ruangan terdiri dari 1 rak buku besar dan 3 rak buku berdiri yang kecil serta 10 kursi duduk. Untuk koleksi buku termasuk masih sedikit karena terdiri dari novel remaja 30 buah, buku anak-anak 30 buah, buku umum 20 buah, buku pelajaran 20 buah dan 30 buah majalah. Buku untuk remaja dan anak-anak ditata terpisah sehingga memudahkan dalam pencariaannya.
Dengan adanya Rubata ini, diharapkan dapat memberikan sarana belajar murah dan mudah dan meningkatkan minat baca anak – anak, remaja, dan masyarakat setempat, antara lain Pelajar (PAUD, TK, SD, SMP, SMA) dan Masyarakat Umum, tanpa memikirkan perbedaan status sosial , laki- laki dan perempuan. Terutama kaum duafa  dengan mengusung Motto: Ayo Jelajah Dunia dengan Membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar