Senin, 27 Januari 2014

Budaya Baca

Komunitas Baca Angkringan Pintar berkesempatan membuka stan di Charity Concert Instrumantic 2013 yang bertajuk "Buku Datang, Anak Senang". Tak hanya berkumpul bagi penyuka buku, event yang bertajuk Instrumantic ini dikemas dalam acara konser terbuka dengan para penonton bisa menggunakan buku sebagai tiket masuknya, berbeda dengan tahun sebelumnya.

Dalam konser ini dihadirkan berbagai band dan penampilan kesenian dari daerah Aceh yakni Tari Saman. Bertempat di kompleks Panggung Utama Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Komunitas Baca Angkringan Pintar membuka stan bersama stan lainnya.

Di stan ini, Angkringan Pintar menayangkan visi dan misi komunitas ini didirikan. Berbagai kegiatan yang sudah dilakukan juga terekam dalam berbagai foto-foto yang disajikan secara menarik. Dalam kesempatan itu juga disebarkan brosur tentang angkringan pintar, dan stiker kampanye gelora membaca spesial untuk para pengunjung.

Menurut Project Coordinator sekaligus Mahasiswa Elektronika dan Instrumentasi Universitas Gadjah Mada (UGM) angkatan 2010 Phisca Aditya Rosyady, stan Angkringan Pintar merupakan salah satu upaya mengenalkan konsep kegiatannya ke masyarakat kampus, terutama mahasiswa.

"Beberapa hari sebelum acara, kami dihubungi pihak panitia untuk ikut buka stan di sana, karena Angkringan Pintar dianggap sebagai salah satu komunitas yang bergerak di bidang budaya baca dan dunia buku sesuai dengan tema acara ini," ujarnya seperti siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (17/12/2013).

Dalam kesempatan ini, dia juga menuturkan bahwa Angkringan Pintar membuka kesempatan bagi siapa pun untuk ikut berkontribusi dalam membumikan budaya baca, entah dengan mendonasikan buku mereka ataupun dengan menjadi seorang sukarelawan dalam pelaksanaan kegiatan.

Visi Angkringan Pintar sendiri adalah untuk menciptakan inovasi fasilitas membaca yang menyenangkan, sehingga anak-anak tertarik dengan aktivitas membaca. Untuk mendukung visi tersebut, kemudian menyusun serangkaian kegiatan yang menarik dan tidak monoton.

Pertemuan demi pertemuan dilakukan di desa-desa mitra atau berpusat di sekretariat di Karangtengah, Imogiri, Bantul. Selain itu, Angkringan Pintar yang semula hanya didukung oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah Cabang Imogiri, saat ini telah didukung oleh PPSDMS Nurul Fikri sebagai salah satu Leadership Project yang dalam hal ini bergerak di TPA Masjid Hidayatul Islam, Ngabean, Sinduharjo, Ngaglik Sleman.

Harapannya ke depan, Angkringan Pintar akan semakin bermanfaat kepada masyarakat luas dengan semangat menggelorakan budaya baca di kalangan anak-anak khususnya. Bagi teman-teman yang tertarik bisa mengunjungi portal beritanya di www.angkringanpintar.weebly.com. Baca Buka Mata Dunia! Sekadar diketahui, Instrumantic merupakan event rutin yang diselenggarakan oleh Elektronika dan Instrumentasi (Elins) UGM. (ade)
sumber http://kampus.okezone.com/read/2013/12/17/372/913636/angkringan-pintar-membumikan-budaya-baca 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar