Jumat, 24 Januari 2014

Kebiasaan Gemar Membaca


Saya suka membaca sejak kecil, tepatnya sejak masih duduk di kelas 4 SD. Hal itu karena ayah membiasakan saya untuk membaca koran setiap minggu pagi. Pada awalnya saya kurang mengerti dengan isi berita di koran yang seingat saya banyak membahas tentang Perang Teluk, Palestina, Israel, dan lain-lain. Sore hari biasanya ayah akan bertanya apa saja berita yang sudah saya baca dan apa saya mengerti apa isi berita tersebut. Dari satu pertanyaan saya tentang salah satu isi berita di koran, diskusi dengan ayah akan mengalir begitu saja dengan tema lompat ke sana ke mari dan berlangsung seru. Selain membaca koran tiap minggu, saya juga berlanggaan majalah Mentari (Putera Harapan) yang terbit setiap 10 hari sekali atau sebulan 3 kali atau sebulan 2 kali ya ?(lupa tepatnya, hehe), cerita Abu Nawas jadi favorit saya waktu itu. Beranjak SMP majalah bacaan saya mulai berubah ke majalah ANITA atau ANEKA yang banyak cerpen dan cerbungnya meski tidak berlangganan karena orang tua belum mengizinkan saya membaca majalah remaja tersebut. Di penghujung SMP saya mulai mengenal majalah GADIS yang kemudian menjadi majalah saya semasa SMA selain novel-novel yang ada di perpustakaan sekolah. Masuk bangku kuliah, novel-novel pop dan chicklit jd bacaan rutin, entah dari sewa di toko buku, pinjam teman atau beli sendiri (ketika uang kiriman ada sisa tentunya, hehe).
Dari pengalaman saya, terbukti bahwa gemar membaca itu memang harus dibiasakan, entah sejak kecil atau saat mulai remaja karena jika sejak kecil/remaja tidak suka membaca akan sulit membuat seseorang mau sekedar membaca apalagi menjadi gemar membaca. 
Saat saya sudah dewasa manfaat membaca sangat terasa sekali, selain menambah wawasan dan pengetahuan, membaca membuat saya kecanduan membaca apa saja. Ada rasa aneh/hampa jika lama tidak membaca buku/majalah atau sekedar artikel dalam blog atau portal online lainnya. Kadang muncul rasa aneh/heran saat menemui orang yang begitu tidak suka membaca, tapi saat saya menyadari bahwa tidak semua orang dibesarkan dalam budaya dan kebiasaan yang sama dengan saya semasa kecil, saya barulah maklum.
hmmm, to be continue ya....mau mandiin baby Alesha dulu... :-)
(Oleh : Elok Wardania)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar